Sabtu, 25 Agustus 2012

Sikap Profesional Guru diTempat Kerja

GURU SEBAGAI JABATAN PROFESI




                Istilah Etika berasal dari dua kata dalam bahasa yunani : Ethos dan Ethikos.
Ethos berarti sifat, watak, kebiasaan, tempat yang biasa.
Ethikos berarti susila, keadaban, atau kelakuan dan perbuatan  yang baik.
Istilah Moral berasal dari Kata Latin Mores yang merupakan jamak dari mos, yang berarti Adat kebiasaan, atau kebiasaan, watak, kelakuan, tabiat dan cara hidup.
            Dalam sejarah filsafat barat, Etika adalah cabang filsafat yang berpengaruh sejak masa Socrates  (470-399). Etika membahas baik – buruk atau benar – tidaknya tingkah laku dan tindakan manusia sekaligus menyoroti kewajiban – kewajiban manusia. Etika tidak mempersoalkan apa atau siapa manusia itu, tetapi bagaimana manusia seharusnya berbuat atau bertindak.
            Beranjak dari pernyataan ini, tentu kita akan mengkaitkan dengan kehidupan dan prilaku pendidik, yakni bagaimana seharus nya pendidik berbuat atau bertindak.
            GURU sebagai tenaga pendidik dan kependidikan, harus berperan serta secara aktif dan menempatkan kedudukan nya sebagai tenaga Profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Jadi,seorang guru
           

Sikap Profesional Keguruan.

            GURU sebagai Pendidik Profesional mempunyai citra yang baik ditengah masyarakat apabila dapat menunjukan kepada Masyarakat bahwa ia layak menjadi Panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya. Dalam leksikon Budaya Indonesia, Guru umumnya ditaksirkan sebagai Akronim dari ungkapan “biasa di gugu dan di tiru”. Ini artinya bahwa sosok Guru adalah orang yang dapat dipercaya atau dipegang teguh kebenaran ucapan nya dan dapat di teladani Tingkah Lakunya.
            GURU dianggap sebagai Profesi yang mempunyai keutamaan moral. Profesi dan Moral memiliki kaitan yang erat dengan perkembangan Global dunia kita. Profesionalisme dapat dianggap sebagai suatu akibat dari merebaknya arus Globalisasi, dan Globalisasi merupakan suatu sebab munculnya suatu Profesionalisme. Di sini, Moral menjadi perekat sekaligus penawar hubungan kedua nya.
Kemudian Profesionalisme kerja Guru menjadi tuntutan, kendati masih sering di rasakan semata – mata Obsesi Belaka.
            Seorang Guru hendak nya selalu melekatkan dan menumbuh kembangkan keutamaan – keutamaan sebagai Guru di dalam dirinya demi memantapkan kualitas pelayanan dan pengabdian nya pada Pemanusiaan Manusia.
Guru hendaknya memiliki pola tingkah laku dalam memahami, menghayati, serta mengamalkan sikap kemampuan dan sikap Profesionalnya. Adapun sikap Profesional Guru terhadap :


a.      Sikap terhadap peraturan per undang – undangan.
Guru merupakan unsur Aparatur Negara dan Abdi Negara. Karena itu, Guru mutlak perlu mengetahui kebijakan – kebijakan Pemerintah dalam bidang pendidikan sehingga dapat melaksanakan ketentuan – ketentuan yang merupakan ketentuan Perundang – undangan.

b.      Sikap terhadap Organisasi Profesi

c.      Sikap perhadap teman sejawat.
Guru hendaknya memelihara hubungan seProfesi, semangat kekeluargaan, dan kesetiakawanan
Sosial. Jadi, Guru hendak nya menciptakan dan memelihara hubungan sesama Guru dalam lingkungan kerja dan menciptakan dan memelihara semangat kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial didalam dan di luar lingkungan kerja.

d.     Sikap terhadap anak didik.
Kode etik Guru Indonesia sangat jelas dituliskan bahwa Guru berbakti membimbing peserta didik
Untuk membentuk manusia Indonesia seutuh nya yang berjiwa Pancasila.

e.      Sikap terhadap tempat kerja.
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa suasana yang baik di tempat kerja akan meningkatkan
Produktivitas. Hal ini disadari dengan sebaik – baiknya oleh setiap Guru, dan Guru berkewajiban menciptakan suasana yang demikian dalam lingkungan nya.
            Untuk menciptakan suasana kerja yang baik, ini ada dua hal yang patut diperhatikan : Yaitu, Guru itu sendiri dan hubungan Guru dengan orang tua dan masyarakat sekeliling nya.

f.       Sikap terhadap pimpinan.

g.      Sikap terhadap pekerjaan.
Langkah strategis dalam peningkatan Profesionalisme Guru
Profesionalisme Guru merupakan sebuah tuntutan atau keharusan yang tidak biasa ditunda – tunda, seiring dengan kehidupan yang multi kompleks dan kompetitif di ERA PASCAMILLENIUM atau era Globalisasi ini. Individu yang ahli di bidang nya merupakan idola dan profil yang sangat di agungkan dan dicari. Demikian hal nya dengan Guru sebagai Profesi yang menuntut kecakapan dan keahlian tersendiri. Profesionalisme tidak hanya karena faktor tuntutan dari perkembangan zaman, tetapi Esensi dan Urgensi nya merupakan suatu keharusan bagi setiap individu dalam kerangka perbaikan kualitas hidup manusia. Profesionalisme menuntut keseriusan dan kompetensi yang memadai sehingga seseorang dianggap layak untuk melaksanakan sebuah tugas. Adapun langkah strategis yang harus di lakukan dalam upaya meningkatkan Profesionalisme Guru, yaitu :
a.      Sertifikasi

Salah satu upaya peningkatan Profesionalisme Guru melalui sertifikasi sebagai sebuah alur dan
Prosesi ilmiah yang memerlukan komitmen dan akuntabilitas moral dan akademis.
Dalam proses sertifikasi tercermin adanya suatu uji kelayakan dan kepatutan yang harus di jalani seseorang terhadap kriteria – kriteria yang secara ideal telah di tetapkan.
Sertifikasi bagi Guru dan Dosen merupakan amanah dari UU yang mewajibkan setiap tenaga pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan mengajar yang di milikinya. Sertifikasi dibutuh kan untuk mempertegas standar kompetensi yang harus dimiliki para Guru dan dosen sesuai dengan bidang keilmuan nya masing – masing.
b.      Penajaman Atas Perubahan Paradigma

Faktor  lain yang perlu diperhatikan dalam mencapai Profesionalisme Guru adalah perlunya
Penerapan atas perubahan paradigma  dalam proses pembelajaran. Anak didik tidak lagi ditempatkan sebagai sekedar  Objek  Pembelajaran, melainkan harus berperan dan di perankan sebagai objek. Guru tidak lagi sebagai Instruktur  yang harus memposisikan dirinya lebih tinggi dari anak didik, tetapi lebih berperan sebagai Fasilitator atau Konsultator  yang bersikap saling melengkapi.
            Dalam konteks ini, Guru di tuntut untuk mampu melaksanakan proses Pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif secara dinamis dalam suasana yang demokratis. Dengan demikian, proses belajar mengajar akan dilihat sebagai proses pembebasan dan pemberdayaan sehingga tidak terpaku pada aspek – aspek yang bersifat formal, ideal, maupun verbal.
            Penyelesaian masalah yang Aktual berdasarkan prinsip – prinsip ilmiah harus menjadi orientasi dalam proses belajar mengajar.oleh sebab itu, output dari pendidikan tidak hanya sekedar mencapai IQ, tetapi mencakup pula EQ dan SQ.
c.      Peningkatan kesejahteraan yang Eksplisit

Kesejahteraan merupakan isu utama dalam konteks peran dan Fungsi Guru sebagai Tenaga Pendidik Dan Pengajar.
Paradigma  Profesional tidak akan tercapai apabila individu yang bersangkutan tidak pernah dapat memfokuskan diri pada satu hal yang menjadi tanggung jawab dan tugas pokok dari yang bersangkutan. Oleh sebab itu, untuk mencapai Profesionalisme, jaminan kesejahteraan bagi para Guru merupakan suatu hal yang tidak dapat di Abaikan dan di Pisahkan.
PEMBAHASAN





                Bagaimana seharusnya Sikap Profesional Seorang Guru bila berada Ditempat Kerja


































ISI




          ETIKA GURU PROFESIONAL TERHADAP TEMPAT KERJA


                Sudah diketahui bersama bahwa suasana yang baik ditempat kerja akan meningkatkan produktivitas. Ketidak optimalan kinerja Guru antara lain di sebabkan oleh lingkungan kerja yang tidak menjamin pemenuhan tugas dan kewajiban Guru secara optimal.
Dalam UU No. 20/2003 pasal 1
bahwa Pemerintah berkewajiban menyiapkan lingkungan dan fasilitas sekolah yang memadai secara merata dan bermutu diseluruh jenjang pendidikan”.
            Jika ini terpenuhi, Guru yang Profesional harus mampu memanfaatkan fasilitas yang ada dalam rangka terwujudnya manusia seutuhnya sesuai dengan Visi Pendidikan Nasional.
Disisi lain, jika kita dihadapkan dengan tempat kerja yang tidak mempunyai fasilitas yang memadai bahkan Buku Pelajaran saja sangat minim. Bagaimana sikap kita sebagai seorang Guru ?
Ternyata, keprofesionalan Guru sangat di uji disini. Tanpa Fasilitas yang memadai Guru dituntut untuk tetap Profesional dalam membimbing anak didik.
Kreatifitas Guru harus dikembangkan dalam situasi seperti ini. Berkaitan dengan ini, pendekatan Pembelajaran kontekstual dapat menjadi pemikiran para Guru untuk lebih kreatif. Dalam pendekatan ini, diartikan strategi belajar yang membantu Guru mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa mengaitkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan nya dalam kehidupan sehari – hari.
            Sementara itu, sikap Profesional Guru terhadap tempat kerja juga dengan cara menciptakan hubungan harmonis di lingkungan tempat kerja, baik di lingkungan sekolah, masyarakat, maupun dengan orang tua peserta didik.

            Memelihara sikap terhadap tempat bekerja. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa suasana yang baik di tempat kerja dapat mempengaruhi produktivitas dan semangat kerja, hal ini perlu menjadi acuan setiap guru untuk menciptakan dan memelihara suasana yang nyaman dalam lingkungan sekolah agar tercipta suasana harmonis di sekolah.
Memelihara hubungan yang baik dengan atasan.
Sebagai salah seorang anggota organisasi, guru akan selalu dalam pengawasan seorang Pemimpin.
Guru wajib membina hubungan baik dengan Kepala Sekolah nya.
Disiplin terhadap pekerjaan, yang paling diinginkan dan diperlukan sekaligus harus dimiliki agar tercipta proses belajar mengajar yang diinginkan.



GAYA HIDUP GURU : ANTARA PENAMPILAN DAN KOMPETENSI PROFESI




                Guru adalah profesi strategis untuk menuju terciptanya pendidikan yang bermartabat, yang pada gilirannya akan tercipta generasi yang memiliki SDM handal. Tapi ada keanehan dan telah menjadi fenomena pada masyarakat bahkan sekolah, pada umumnya siswa cerdas enggan untuk memilih profesi Guru. Tidak jarang sebagian guru sendiri yang menganjurkan anak didik mereka yang cerdas agar memilih karir selain guru.
            Saat sebagian diantara mereka yang memilih bidang pendidikan dan mereka menjadi mahasiswa, mereka belajar banyak teori tentang pedagogik, psikologi perkembangan dan ilmu – ilmu lain,dengan tumpukan buku yang menggunung. Setelah menyelesaikan sejumlah mata kuliah dalam jumlah tertentu dan tugas akhir maka mereka punya hak untuk WISUDA dan menyandang predikat S.Pd ( sarjana pendidikan ) dan berkarir sebagai guru di sekolah.
            Tetapi setelah menjadi guru dan meleburkan diri dalam kehidupan masyarakat sekolah, fenomena yang terjadi di lapangan, yang terjadi adalah “quality deterioration” dan mereka terhenti untuk belajar serta puas dengan ijazah keguruan yang telah mereka sandang. Buku bukan lagi menjadi sarapan pagi, begitu juga dalam membaca Koran, majalah dan jurnal.
Mereka mengajar hanya dengan mengandalkan buku – buku teks usang yang dipinjam dari perpustakaan sekolah Bahkan sebagian dari mereka dalam menyambut kehadiran teknologi, seperti internet, computer, laptop, LCD dan lain – lain kurang bergairah dan kurang tertarik untuk ikut mengaplikasikannya. Mereka bersembunyi dibalik kata – kata “sibuk”  sehingga pada akhirnya mereka menjadi guru – guru yang gaptek.

            Membiarkan diri menjadi BODOH- tidak mengikuti perkembangan teknologi, menjadi karakter sebagian guru kita hari ini. Karakter negatif lain yang juga menghinggapi pada sebagian oknum guru adalah “hilangnya IDEALISME sebagai guru” . . Bila prilaku ini sudah menjadi karakter maka kapan peran guru sebagai KONSELOR dan memberi pandangan hidup pada siswa dapat terlaksana ?.
Miskinnya interaksi antara guru dengan siswa telah membuat mereka tidak mengIDOLAKAN gurunya.
Malah cukup banyak siswa yang juga tidak mengenal nama guru – guru mereka, tapi mengapa, tetap saja siswa yang di salahkan sebagai generasi kurang santun, pada hal ini tercipta karena gaya hidup guru itu sendiri.
            Berbicara masalah gaya hidup guru, tidak hanya sampai disitu.
Dewasa ini banyak yang juga yang senang untuk mengejar  penampilan daripada meningkatkan kompetensi profesi sebagai guru. Menjadi kreditor dari sebuah bank atau pelanggan counter HP adalah juga prilaku gaya hidup mereka. Mengambil pinjaman uang untuk membeli mobil, walaupun mobil second. Tidak jarang, memiliki mobil belum jadi kebutuhan tetapi karena kompetisi penampilan maka mereka juga terdorong untuk memiliki.
Melakukan perawatan mobil berjam – jam hingga menyita waktu yang seharusnya sebagai quota  untuk tujuan pendidikan.
Guru – guru perempuan juga berlomba untuk membeli assesoris, pakaian, perhiasan, agar mereka bisa tampil menarik bak bintang iklan televisi, maka waktu yang dihabiskan untuk memenuhi nafsu konsumerisma juga telah menyita waktu yang seharusnya dibaktikan untuk pendidikan karena kesibukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesenangan dunia, sebagian guru cenderung kehilangan waktu untuk menyiapkan diri menjadi guru yang professional. Cukup banyak guru tak punya waktu untuk belajar, menyiapkan perangkat pelajaran, menyiapkan soal – soal ujian dan memeriksa ujian dan pekerjaan siswa. Tetapi untuk berbagi gossip tetap selalu ada waktu.
            Tidaklah berdosa bila seorang guru juga mengejar dan memenuhi kebutuhan penampilan.
Guru juga manusia biasa, mereka juga  punya kebutuhan mulai dari kebutuhan primer, sekunder, dan kebutuhan luks. Atau mereka juga perlu memenuhi kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan psikologi sampai kepada kebutuhan untuk aktualisasi diri. Dan selayaknya guru juga bisa meluncur dengan mobil sedan, hingga sebutan “ Oemar Bakri”  yang pergi mengajar dengan mendayung sepeda kumbang tidak melekat lagi. Tapi semua itu harus dibarengi juga dengan kepedulian untuk menajamkan kemampuan kompetensi mereka sebagai guru yang professional.
 untuk menjadi professional, seorang guru di tuntut memiliki empat hal, Yakni :
1.      Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya. Ini berarti bahwa komitmen tertinggi guru adalah kepada kepentingan siswanya.
2.      Guru menguasai secara mendalam bahan atau mata pelajaran yang diajarkan serta cara mengajarkan nya kepada siswa.
Bagi guru, hal ini merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan.
3.      Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam prilaku siswa sampai tes hasil belajar.
4.      Guru mampu berfikir sistematis tentang apa yang dilakukan nya, dan belajar dari pengalamannya. Artinya, harus selalu ada waktu untuk guru guna mengadakan refleksi dan koreksi terhadap apa yang telah dilakukan nya. Untuk bisa belajar dari pengalaman, ia harus tahu mana yang benar dan salah, serta baik dan buruk dampaknya pada proses belajar siswa.



PRESTASI TEMPAT KERJA



                Prestasi tempat kerja adalah situasi dan kondisi dimana seluruh pekerja dan semua orang yang terlibat dalam aktivitas pada tempat kerja tersebut merasa nyaman sehingga tujuan masing – masing ataupun kelompok pada tempat kerja tersebut akan tercapai.
Prestasi tempat kerja dapat diwujudkan dan dipertahankan dengan pengelolahan, penerapan komunikasi yang benar.
Untuk dapat menerapkan komunikasi yang benar, seluruh guru yang terlibat di dalam tempat kerja tersebut harus mampu menerapkan berbagai peralatan komunikasi yang ada dengan tepat.



MOTIVASI : CERIA DITEMPAT KERJA




                Bekerja tak selamanya menyenangkan. Ada saatnya kita  merasakan kerja sebagai beban. Saat mood semacam itu datang, bekerja bahkan seperti sebuah perbudakan. Maka yang di perlukan adalah sebuah strategi agar bisa selalu bergembira dan ceria ditempat kerja.
            Adalah tanggung jawab pribadi untuk menjadikan tempat kerja dan pekerjaan sebagai dua hal
Yang membahagiakan. Sebab setengah dari usia, mungkin akan dihabiskan disana.

            Berikut ini adalah tips untuk cerah – ceria dan bergembira di tempat kerja, dari Susan M.Heatfield, seorang pakar HRD.

1.      Pilihlah untuk bergembira
Bagian terbesar dari rasa bahagia dan senang, diciptakan oleh pilihan – pilihan. Maka, tetapkanlah pilihan untuk bergembira ditempat kerja.
Galilah sisi positif dari tempat kerja dan pekerjaan.
Kabar baiknya, jika mau sedikit mengalahkan ego, maka pasti bisa menemukan keceriaan dan kegembiraan.

2.      Lakukan apa yang disukai
Lakukan apa yang disukai dan senangi, setiap hari.
Temukan apa yang disukai dan senangi di tempat kerja, pasti ada.
Kita tidak akan mungkin merenggut full time disepanjang karir kita.
Kita pasti pernah tersenyum atau bahkan tertawa. Temukan itu kembali dan lakukan tanpa mengganggu produktivitas kita.
Apa yang dicari bukan pelarian melainkan esensi.

3.      Ambil alih Tanggung jawab self development
Ingat selalu bahwa kita adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk mengembangkan diri. Sebab, kita sendirilah manusia yang paling tertarik dengan diri kita. Selain dengan belajar dan membaca, pola pengembangan diri yang terbaik untuk kita adalah berinteraksi dan berkolabirasi dengan rekan kerja.

4.      Ambil alih tanggung jawab informasi situasi
Jangan menunggu informasi yang masuk tentang apa yang sedang berlangsung ditempat kerja.
Setiap orang sibuk untuk mengurusi dan memberi informasi kepada kita.
Ambil alih tanggung jawab itu dengan aktif menggali informasi.
Aktifkan seluruh komunikasi, agar bisa mengakses berbagai informasi yang bisa mempermudah pekerjaan.
Agar bisa merencanakan dan mengatur produktivitas kerja.

5.      Aktif meminta masukan.
Pujian tentang hasil kerja adalah motivasi.
Mintalah masukan kepada rekan kerja, dan komentar mereka bisa menjadi pengakuan.
Apa yang mereka katakana bisa menjadi afirmasi.
Jika dicermati, apa yang diungkapkan disini sangat jelas menggambarkan bagaimana kita patutnya bekerja.

6.      Komitmen hanya pada yang disanggupi.
Hati – hati mengatakan “ya”.
Penyebab paling serius dari stress dan ketidakceriaan ditempat kerja adalah kegagalan memenuhi komitmen.

Tips 1 sampai dengan tips 5 diatas sangat membantu untuk bisa makin sering mengatakan “ya”.

7.      Hindari negatif
Pembicaraan negatif, gossip negatif, orang negatif, manusia negatif, bahkan alat kerja negatif.
Kita bisa stress dan frustasi dibuatnya.
Negatif dan positif, adalah dua hal yang paling mudah menular.

8.      Latih keberanian professional
Pahami tuntutan keberanian di dalam Profesi. Latilah diri dalam menguasainya.
Public speaking, meeting, organizing, dan bahkan berdebat atau berkompetisi secara sehat. Latihlah untuk segala hal di dalam dan ditempat kerja. Termasuk untuk arisan, buka bersama, atau upacara.

9.      Make Friends
Jawab ini,
“do you have a best friend at work?”
            Jika telah memiliki satu saja teman baik ditempat kerja, itu sudah cukup untuk menceriahkan kita.
 Jika kita belum punya, cari.

10.  Jika semua itu gagal
Jika masih belum bisa ceria juga, evaluasi ulang tempat kerja kita, profesi kita, dan keseluruhan karir kita.
Bisa jadi, kita harus pergi. Maka, mulailah mencari. Dan pencarian ini, sudah cukup menggembirakan. Sebab hidup dan kebahagiaan, adalah identik  dengan harapan.
Semoga bermanfaat !

















KESIMPULAN


Sesuai dengan isi dari KODE ETIK keguruan, seorang guru harus mampu menciptakan dan
Memelihara hubungan antara sesama Guru, baik berdasarkan lingkungan maupun di dalam hubungan kekeluargaan.
            Seorang guru juga secara perseorangan atau bersama – sama secara terus – menerus berusaha menciptakan, memelihara dan mengembangkan suasana sekolah yang menyenangkan sebagai lingkungan belajar yang efektif dan efisien bagi peserta didik.
Maka terjalinlah hubungan baik sesama guru juga dengan para siswanya. Maka proses belajar pun akan berlangsung dengan baik.































DAFTAR PUSTAKA



ü  Cummank.blogspot.com/2010/02/guru-s…
ü  Arifmetal18.blogspot.com/2010/02/si..
ü  Html-pdf-convert.com/cari/profesion…
ü  Avin.staff.UGM.ac.id/data/jurnal/di…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar